Minggu, 16 September 2012

DEBATE : ALSA UI 2012 Part II

Gw dan anak-anak ga langsung pulang, kecuali Regina yang dijemput papanya. Soalnya kita mau nunggu sampe closing biar bisa ngambil sertifikat. Karena closingnya selasa, jadi kita nonton dulu deh debate varsitynya plus beberapa debate hi-school di eliminary rounds.

Sebenernya agak nyesel juga sih kenapa gw ga pulang waktu itu, di saat bokap lagi sakit dan gw yakin pasti dia merindukan gw, itu mah pasti.

Langsung aja gw ceritain pengamatan atas beberapa round yang gw tonton. =)

OCTO FINAL
Motion : THBT All Government Owned Companies In Indonesia Should Offer Their Stocks To The Public Through An Initial Public Offering (IPO)
Gov : SMA 2 Cirebon A
-1st : Intan
-2nd : Ferdi
-3rd : Reissa
Opp : SMAN 4 Denpasar B
-1st : Alanna
-2nd : Gloria
-3rd : Annisa
Winning Team : SMAN 4 Denpasar B
Adju : Bramesada, Kario, Raden

Intinya stance gov itu privatize public companies, stance opp tetep stick in the SQ.
PM bilang Indonesia lacks of capital, sedangkan APBN gabisa digunain cuma buat modalin BUMN tapi masih ada hal penting kayak kemiskinan, jadi privatizing itu buat solve the lackof capital.

PM bilang kalo IPO bisa menyelamatkan BUMN in critical condition, yang pada akhirnya akan save society dan government itu sendiri.
Kalo cuma APBN, ekonomi bisa unstabil, dan society jadi endangered.

Mereka bilang kalo Gov ga bakal kehilangan kontrol atas BUMN, soalnya persentase saham swasta di BUMN akan kurang dari 50% sehingga tetep harus nurut sama pemegang saham terbesar, yakni Gov.
Dan akhirnya, dengan saham swasta, produk BUMN akan lebih murah soalnya ga perlu nyari profit banyak dari rakyat buat jadi modal buat bulan berikutnya. Investor ga mungkin bisa exploitasi soalnya Gov ga mungkin ngijinin itu swasta buat invest kalo misalnya dia maksa eksploitasi.

Nah, kasus Oppositionnya, semuanya udah di antisipasi sama Gov, kecuali satu poin yakni "lebih banyak uang yang akan dihabiskan untuk ngebenerin BUMN yang kehilangan investornya gara-gara investornya gak diturutin keinginannya" tentunya dengan elaborasi yang cukup meyakinkan. (poin ini pinter bgt yaaa)
Plus, opp juga berhasil nerangin kalo 49% pun saham yang dimiliki swasta, tetep aja bisa make chaos in the BUMN itself kalo mereka ga diturutin. Akhirnya pemerintah bakal nurut sama pihak swasta.
Meskipun udah ada agreement dari awal, tapi agreement antara pihak swasta sama pihak pemerintah itu ga bakal berlaku kalo BUMN ga dapet profit dr rakyat. Akhirnya pihak swasta nya gamau invest lagi dan balik lagi ke poin sebelumnya.

QUARTER FINAL
Motion : THBT Child Abuse Laws Should Also Include The Criminalization Of Parents Forcing Their Children To Be Cured Of Homosexuality
Gov : SMAN 4 DENPASAR A
-1st : Carrisa Tehputri
-2nd : Mulyawati Mulyono
-3rd : Praditya
Opp : SMAK 1 PENABUR Bandung A
-1st : Evan
-2nd : Jeanne
-3rd : Vania
Winning Team : SMAN 4 Denpasar A
Adju : Adlini Ilma, Gentur Abdurrahman, Anas, Kario, Malisa Sudirman, Rizky Saputra, Galdya.

Menurut gw gov udah ngebuktiin semua yang jadi burden of proof nya, sedangkan opp belum, masih ada yang gagal dibuktiin.

Gov udah ngebuktiin bahwa homosexuality is not a thing yang perlu di-cured, karena gak ada concrete harm toward the child itself kalau mereka jadi homo, ga seperti kalo mereka main PS seharian dan ga belajar yang jelas-jelas harm masa depan mereka. Mereka udah buktiin kalau force mereka untuk berubah, terutama paksaan dari orang tua, bakal nyakitin diri mereka lebih jauh karena merasa bahkan orangtua sekalipun nge-discriminate mereka, dan nantinya tuh anak akan rebel terhadap ortu dan jadilah keluarganya ga harmonis. Mereka udah buktiin kalau dengan hukum yang ada di negara yang udah legalize homosexuality, udah pasti gak akan ada diskriminasi yang lebih besar, karena ada law yang protect sexual preference mereka. Gov sukses bilang bahwa Duty of Parents itu support mereka dan comfort mereka, bukan menghalangi mereka. Parents juga ga boleh ngatur sexual preference anak.

Sedangkan opp gagal buktiin kalo homosexuality punya tangible harm buat masa depan mereka, meskipun mereka udah buktiin kalo anak-anak belum bisa milih sexual preference karena mereka masih labil. Right mereka untung milih sexual preference bakalan di pending sampe mereka remaja dan cukup dewasa. Tapi mereka gagal ngebuktiin bahwa usaha orang tua untung mengubah sexual preference mereka adalah untuk kebaikan anak itu sendiri. Opp gak ngerespon pernyataan bahwa kalau ortu nge-force berarti ortu gak support anak mereka sendiri, ortu diskriminasi anak mereka sendiri.

Itulah sekilas dari debat yang gw tonton di ALSA UI 2012 =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar