Minggu, 16 September 2012

DEBATE : NSDC Banten


Gini loh.

Jadi, NSDC Banten itu adalah National Selection of Debating Competition (gatau tuh bener apa salah)tingkat propinsi, yakni Banten.

SMAN 1 Tangerang selalu disuruh kirim 1 tim buat maju jadi salah satu perwakilan Tangerang. Parahnya, undangan nya baru dikirim sekitar jam 9, dan Pak Pakpahan selaku wakasek yang menerima undangan itu langsung manggil chief delacosta waktu itu, yakni Om Romario.

Di undangannya, ada syarat yaitu 1 tim harus beranggotakan 2 anak kelas 11 dan 1 anak kelas 10. Ini baru berlaku tahun ini, dan ternyata cuma buat kota Tangerang.
Sedangkan kota dan kabupaten lain, gada tuh peraturan kayak gitu.

Oh ya. Waktu itu juga, lagi panas2nya pemilihan gubernur banten yang baru. Kandidat terkuatnya Ratu Atut (Serang kesono deh) dan Wahidin Halim (Tangerang kesono). Ketahuan banget kan ada unsur politiknya.

Singkat cerita, yang dipilih anak kelas X nya buat turun adalah gw. Kaget juga sih, tapi tugas yang berat juga. Berat bangeeet malah.

Langsung mulai latihan. Dan latihannya adalah pure latihan speech. Di mana adju nya adalah guru bahasa inggris dari berbagai sekolah, jadinya kita mesti bagus-bagusin inggris kita biar becek dan keren kayak bule biar dimenangin ama adju. Dan emang pengalaman tahun lalu juga kayak gitu.

Sakit sih, kita kan debater bukan anak speech. Tapi harus kayak gini kalo mau lolos ampe tingkat nasional. huah...

Untung kita gratis total. Udah gitu dibayarin lagi nginep 3 hari di hotel MARBELLA anyer, yang keren dan langsung depannya pantai.

Langsung ke round pertama. Dan satu-satunya round yang kita lewatin, karena sistemnya gugur, gada pre-elim ataupun breaking.

ROUND I
MOTION : THW BAN FACEBOOK
GOV : SMANITRA
1st - Ka Tian
2nd - Ka Rahma
3rd - Grace
OPP : NURUL FIKRI
ADJU : 3 GURU BAHASA INGGRIS
WINNING TEAM : NURUL FIKRI
MARGIN : ?
BS : ?

dari motion. Ga ada yang namanya motion preference. Motion langsung dikasih gitu aja yakni THW Ban Facebook. Case build gaada tuh yang namanya gov di dalem, opp di luar. Semuanya di luar dan sebelah-sebelahan. Boleh pake gadget apapun sesuka hati.

paling parah sih...

alasan smanitra kalah adalah... INDONESIAN PEOPLE LOVE FACEBOOK. taraaaa ;D

Yang paling sedih itu kakak kelas. Baik Ka Tian, Ka Rani, maupun Ka Rahma. Ka tian dan ka rahma udah nunggu setahun buat NSDC, eh tapi hasilnya kayak gini. Ka Rani, yang ga turun gara-gara peraturan baru, padahal ini tahun terakhir dia berkesempatan ikut NSDC bareng temen2 seangkatan seperjuangannya...
kalo gini caranya... gw pindah jakarta deh, seenggaknya kalaupun kalah gak nyesek kayak gini.

Yaudahlah ya, dari pada sedih-sedihan, kita memutuskan berenang aja. Tapi tuh satpam kolam renang yang rese ga ngijinin berenang pake kaos. Padahal ka Rahma ga bawa baju renang. Akhirnya tuh satpam ngancem ngusir kita. Long story shorts, kita bodo amat aja....... lalala.

Nah abis itu kita ke pantai, nulis-nulis pake lidi di pasir...
Bermimpi indahnya lolos ke NSDC Nasional...
Hem cuma mimpi aja dah!

Oh ya ada yang lucu lagi, tentang sendal.
Gw lupa tuh bawa sendal dari rumah ke skolah, padahal kan enak main-main di pantai pake sendal. Akhirnya kita nyari sendal ke pasar lama, kebetulan lagi dispen. Nah di pasar lama, susah banget nyari sendah murah. Akhirnya dapet juga sendal jelek dengan harga 30ribu.

Pas jalan balik mau ke sekolah, kita melihat toko-toko dengan sudut pandang kebalikan dong. Kalo pas pergi kita liat dari depan, pas pulang kita liat dari belakang. Dan ternyata... Di balik salah satu papan yang kalo dilewatin dari depan tuh gak ada apa-apa, ternyata ada jual sendal harga 15ribuuuuuuu dan itu enak banget kayaknya dipakenya.

AH NYESEEEEEL -,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar