Minggu, 21 Oktober 2012

DEBATE : NSDC Banten 2012

Lagi, di kompetisi ini, mengesampingkan hati demi prestasi...

Karena tahun lalu gw udah turun dan tahu gimana sakit dan gak enaknya turun di kompetisi ini, jadi tahun ini kita mempersiapkan diri untuk menghadapi sejumlah juri-juri yang unik dan beda dari biasanya....

banyak banget tips-tipsnya dari coach kita, sebagai cara untuk 'merebut perhatian' juri-juri unik ini, meskipun harus mengesampingkan kebiasaan kita berdebat dan segala macemnya.

Oiya, di post yang ini, nama juri ga gw kasih tau untuk melindungi privasi pihak yang besangkutan.
Kecuali adju yang sebenarnya yang sudah sepantasnya di post namanya.

Langsung aja, ini rounds yang kita lewatin, sampe SemiFinal.

ROUND 1
Motion : THBT Socio-Enterpreneurship Education Must Be Given at School as Compulsory Subject
Gov : SMA La Tansa Lebak
Opp : SMAN1 Tra
1st - Regina
2nd - Grace
3rd - Deviany
Winning Team : SMAN1 Tra
Juri : Ehm.. you know lah ya
Margin : 6

Di round ini, gw udah siapin respon yang emang jitu banget buat jatohin lawan di hadapan juri guru bahasa inggris. Dan itu berhasil... yakni "gov ga ngasih batasan sama sekali di mana mau nge-apply proposal, di SD atau SMP atau SMA, soalnya kalo di SD ga perlu lah" dan blablabla...
Dan normalnya, adju bakal ngitung itu sebagai respon yang emang bener harusnya keluar.

Eh tapi ini sangat unik sekali.... Gw diketawain sama juri gara-gara respon gw itu dianggep Definition Challenge dan Defchall seharusnya ga boleh dikeluarin di 2nd speaker...

Unik sekali, bukan?

Trus juri juga bilang "seharusnya ga usah di bawa lagi di second speaker itu ya. HAHAHA. Itu kan jadi mengingatkan juri kalau 1st speaker kalian lupa bawa definition challenge nya..."

Gw ngerekam sih komentar-komentar jurinya, entah buat apa nantinya.

Lalu pas kita minta personal assessment, beliau kembali ngetawain gw, sambil bilang, "kalian sepertinya masing-masing belum tau task nya ya. HAHAHA."

Sungguh round yang seru....

ROUND 2
Motion : THBT Political Dynasty Should Be Abolished in Indonesia
Gov : SMAN1 Tangerang
Opp : SMAN8 Tangerang
1st - Faisal
2nd - Stella
3rd - Irene
Winning Team : Sman1tra
Adju : Ka Hudi - Untirta (this is what makes my heart says YESSSS every time I remember this round)
Margin : 2

Tau ga sih... Round ini tuh penuh pergolakan batin... a tremendous one I think... Soalnya, definisi political dynasty tuh kita bingung. Dynasty itu sendiri artinya 'series of ruler belonging on the same family'. Berarti artinya bisa jadi 2 : antara kalo bapaknya gubernur, anaknya ya gubernur, ATAU kalo partai pemenang di pemilu DPR adalah A&B, maka calon presidennya cuma boleh dari partai A dan B, dan jadinya semua-semuanya berasal dari 1 partai tertentu doang.

Nah, tadinya kita milih definisi pertama. Kenapa? Soalnya nguntungin buat gov, soalnya ga selamanya skill anak sama kayak skill bapak, dan unfair buat orang yang skillnya bagus tapi gapunya hubungan darah sama previous leader. Emang sih, di Indonesia gak ada kasus political dynasty dong kalo definisi political dynasty nya kayak gini. Jadi motionnya kok gak merubah status quo, anehnya di situ. Kita berharapnya lawan tidak men-defchall definisi kita kalo pake yang ini, dan kita bisa menang.

Eh tapi... entah kenapa hati ini gamau pake definisi yang jatohnya jadi gak logis... Dan Deviany a.k.a Vivi, temen kita yg kelas X, ngomong, "eh jangan-jangan maksudnya political dynasty itu yang partainya sama kali kak?"
Oh iya yah, itu lebih logis, soalnya itu kan jadinya udah ada di Status Quo Indonesia...
Dengan tebakan Vivi itu, kita jadi kepikiran sama definisi yang kedua.

Tapi... pergolakan batin terjadi lebih dahsyat...
Kalo kita milih definisi pertama, itu bertolak belakang sama etika debat yang udah ada dari sononya.
Kalo milih definisi kedua, itu susah banget ngejelasinnya, dari proses pemilu DPR menghasilkan 2 partai mayoritas, dan partai mayoritas doang yang boleh nyalonin presiden. Dan karena itu partai mayoritas yang otomatis bakal jadi mayoritas di DPR, trus kalo kepilih lagi presidennya dari situ, jadinya semua-semuanya berasal dari 1 partai dan akhirnya bisa dictatorship dsb.
Dan ngejelasin definisi kedua sampe juri bisa nangkep itu susah, tentunya juri di sini adalah... you know who...

Dan sampai pada akhirnya, entah kenapa, meskipun kasus dengan definisi pertama udah mulai dibikin rapi...
Kita ganti ke definisi kedua. Dengan sisa waktu casebuild yang gak banyak lagi. Dan kondisi Vivi yang masih agak blur sama kasusnya.

Kita siap-siap duduk... Dan nunggu jurinya... dan TARAA!!! Muncul seorang -yang tadinya kita kira cuma seorang- guru tapi muda. Dan itu melegakan banget, dengan harapan he will understand our definition, yeah he will.

Kita debat dan entah kenapa gw agak ragu sama sang juri, karena beliau sedikit mencatat. Ada dua perkiraan gw : he really understood and just waited for the debate developing atau he doesn't understand.
Entah kenapa lagi, di round itu, yang tadinya gw udah latihan ngomong super lambat khusus di NSDC ini soalnya takut para jurinya don't catch what we say, gw balik lagi kayak biasa, ngomongnya cepet dan kalap, mungkin gara-gara di kompetisi ini speechnya 5 menit, jadi gw ga pengen kehabisan waktu.

Sampai di situ, gw nyadar kalo entah kenapa di depan juri ini gw gamau pake tips-tips debat khusus NSDC yang bikin speech kita kedengeran abal kalo di depan adju biasa.

Udah, selesai giliran gw.

Dan pas mau di announce siapa winning teamnya, he started it with the general issue.
Tunggu dulu... Gak biasanya juri di NSDC Banten pake struktur pas lagi ngasih assessment. Tapi beliau pake. Dan apalagi, dia ngertiiiii banget semua yang tadi kita omongin, yang kalo juri lain, gw yakin susah banget nerima definisinya, wong gw aja susah ngejelasinnya.
Lanjut ke Clashes... Dan ini aneh lagi, gak biasanya juri nya ngerti ginian nih. Waw.
Dan yang terakhir, beliau ngasih menang ke kita, dengan alasan kasus kita masih stand sampe akhir.
Waw. WAW. WAAAAW.

Is he a debater? A varsity debater, maybe?

Trus gue tulis di buku sambil nyolek Regina, "Gin dia debater! Debateerrr!!" pake tulisan segede bagong.
Si Vivi baca dan ngasih centang gede di samping tulisan itu.
"DIA NGERTI!" tulis gue lagi di buku gue dan gue nengok nengok gak percaya ke arah Egin sama Vivi.

Langsung abis itu, kita nyamperin beliau minta verbal. Beliau ngasih kita menang margin 2, dan ngasih komen bahwa beberapa poin kita masih hanging dan harusnya bisa lebih dalem. Dan kita kurang bukti aja, how bad a dictatorship will be. Waw...

Trus gw nanya, "May I ask for ur name ka?"
Beliau jawab, "Hudi. From Untirta."

WAAAAAW....... Gue refleks ngomong, "Pantesaaaan."
He's a varsity debater. Dan he is what I call the real adju. Karena di kompetisi ini gw ngerasa ada juri, ada adju. Dan kak Hudi adalah satu-satunya adju.... Susah dimengerti yah? Memang.

Abis itu, gue ama temen-temen keluar. Dan di situ tangis gue bener2 meledak, saking senengnya saking bahagianya. Di motion kayak gitu, Tuhan ngasih clue nyuruh kita milih definisi kedua. Dan dengan definisi kayak gitu, Tuhan ngasih adju seorang varsity debater. He's really good and He had prepared anything. Miracle is there WHEN YOU BELIEVE. ;)

QUARTER FINAL
Motion : THW Let Papuans Use Their Right to Self-Determination
Gov : SMAN1 Tangerang
Opp : SMAN2 Tangerang
Winning Team : Sman1tra
Juri : 3 orang bapak-bapak

Margin :1, 1, 2

Ini round yang sungguh emosional... Pertama, pas casebuilding, kita sempet clue-less soal Self Determination yang dimaksud. Kita tadinya bikin kasus bahwa self determination adalah melakukan apa yang mereka inginkan sesuai tradisi mereka even tho itu harm other, misalnya potong jari tiap ada anggota keluarga yang meninggal. Kan itu harmful tapi itu sesuai tradisi, jadinya dibiarin aja. Tapi timbul pertanyaan, kok motionnya gak ngerubah SQ ya. Kan emang SQ nya sekarang juga boleh kok potong jari buat tradisi ini.

Lalu kira-kira 15 menit terakhir, datanglah inspirasi dari mana, yang kita gak kira2. Self Determination adalah keinginan orang Papua buat memerdekakan diri, gaikut jadi bagian RI lagi. Langsung kita rombak arah kasus kita secepat kilat, dan untung jadi kasusnya tepat waktu. Intinya prinsip orang Papua udah beda sama Indonesia, jadinya mereka ngerasa lebih nyaman kalo separate themselves dari Indonesia.

Nah belum lagi, yang bikin lebih emosional, kita harus berhadapan sama saudara kita, yakni SMA 2 Tangerang.

Mana sebelumnya kita harus menyingkirkan saudara kita juga. Rasanya menyedihkan melihat wakil tangerang pelan-pelan jatuh satu persatu di tangan saudara sendiri... Tapi kita ga boleh berhenti di sini aja.

Setelah shake hand sama debaters SMA 2 dan jalan ke pintu, salah satu juri nanya, "What principle do you mean?" Regina jawab, "Mind, culture, and all life principle." Beliau bertanya lagi, "So why didn't you explain it all in your speech? I didn't hear any."

Lalu kita keluar. Di luar, Egin sempet syok karena ditanyain begitu. Dia kira juri akan ngalahin kita dan clue nya adalah dengan nanya kayak gitu. Gue bilang, iya oke itu kesalahan kita kalo gak jelasin itu tapi ga mungkin juga kalah gara-gara itu, toh lawan gak nge-rebutt dengan ngomong prinsip yang kita maksud ga jelas. Meskipun kita emang salah di situ, itupun cuma 1 clash, dan gak menentukan segitunya menang apa kalah. Then we prayed.

Akhirnya pas assessment, satu per satu juri ngasih tau kita komentar mereka.
Pertama, dalam assessment nya, beliau klarifikasi maksud kita dan mekanisme kita. Klarifikasi maksud debater dalam judging assessment. Dengan bertanya, "Did you mean.... Right? So what do you mean?" abis itu Regina jawab what we mean is.... lalu beliau bilang, "Ok, I got it. Just to make sure."
Make sure what we mean in his judging assessment.
Kedua, beliau memberitahukan kekurangan-kekurangan apa saja yang kita punya.
Dan ketiga, semuanya ngasih desisinya, dan ngasih menang ke kita semua.

Thank God....
And I hugged my friend from SMA 2, which is the greatest one in the team for me. Sayang dia 3rd, biasanya jarang diperhitungkan di NSDC Banten dengan juri seperti itu yang menganggap 3rd speaker agak kurang penting...
Alasan ngalahin mereka juga kurang logis sih, maksudnya, meskipun kita menang, tapi kalo seandainya kita kalah dengan alasan yang dikemukakan juri kayak gitu, gw juga ga bakal terima semudah itu...

SEMI FINAL
Motion : THBT Government Should Limit The Ownership Of Vehicle Due to Polution Issue
Gov : SMAN1tra
Opp : SMAN3 Tangsel
Winning Team : SMAN3 Tangsel (SPLIT 2 : 1)
Juri & Adju : 2 orang bapak-bapak & Kak Hudi

Debat ini mungkin below average kalo di debat normal di luar NSDC Banten... soalnya opp nya (maaf) keluar banget dari motion dan gak engange sama kasus Gov, dan jadinya not mutually exclusive argument2 nya.. Nah karena alasan-alasan itu, from the very 1st time, gw percaya banget kalo Ka Hudi as a varsity adju pasti menangin kita, bukannya sombong atau gimana. Cuma yang gw takutin dan bikin gue susah tidur buat nunggu pengumuman besok, gw takut 2 juri lain gak catch kesalahan besar opp itu dan akhirnya ngasih menang ke mereka. Dan beneran, besoknya diumumin mereka yang ke grand final. Trus kita datengin kak Hudi, dan nanya, beliau menangin siapa. Beliau bilang, "I'm with you. Kekurangan kalian masih sama kayak sebelumnya, masih hanging, tapi saya menangin kalian dengan margin 1."
Dari jawaban kak Hudi, gue lega. Berarti secara normal, kita deserve to be in Grandfinal, cuman sayang, secara uniiiik, kita gagal.

Dan dua juri lainnya menangin 3 Tangsel. From the bottom of my heart, I say that the don't deserve to be in grand final.
Seandainya 2 juri lain itu di replace sama 2 varsity adju, gw positif bakal menang 3-0. Tapi apa daya... Gue cuman bisa narik nafas panjang dan berusaha ngeyakinin temen-temen gue yang bercita-cita kerja di dinas pemerintahan buat make sure NSDC Banten di masa pemerintahan mereka, sistemnya lebih bagus dan fair seenggaknya dari segi adjudicatorsnya, jangan guru bahasa inggris. Setidaknya pilihlah mereka yang hampir tiap hari berkecimpung di dunia yang akan dihakiminya. For example, varsity debaters.

Sorry to say, SMAN2 Tangsel yang compete di semifinal lawan CMBBS dengan motion sama dengan posisi sama kayak kita juga ngalamin hal yang sama kayak kita. Juri mereka gak catch kalo oposisi udah melenceng dari motion dan semua argunya not mutually exclusive, dan itu geregetan banget pasti kalahnya. Belum lagi mereka gak punya Kak Hudi sebagai adju varsity yang pastinya menangin mereka kalo seandainya Kak Hudi ngadju SMAN2 Tangsel.

Ahh, gagal lagi bawa piala buat Smanitra dan DLC. Nyia-nyiain lagi doa dan harapan semua orang buat kita.

Tapi gue tetep bersyukur dan gue yakin, mereka yang dari awal don't deserve, akan ngerasain gimana sakitnya dikalahin secara pecundang begini, nanti di NSDC.

Congrats Regina!!! For being 1 of Banten's delegation to NSDC. You deserve it. Meskipun gue harap kita bisa maju bareng-bareng, tapi prestasiku terhambat di para juri.

Huwaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar