Selasa, 01 Juli 2014

Let's Start Talking About LIFE! : I was a Bully and I, Sincerely, Apologize

Para pembaca yang budiman, mungkin kalian agak bingung sebenarnya aku ini manusia kayak gimana, karena karakter aku emang agak gak jelas di setiap tulisanku.

Nah, untuk memperjelas sedikit karakterku sebenarnya, di entri satu ini, aku ingin menceritakan pengalaman yang aneh bin ajaib yang kudapat semenjak aku hobi membaca komik yang mengandung sedikiiiiiiit unsur kekerasan seperti SINCHAN, KARIAGE-KUN, KOBO-CHAN, MARUKO-CHAN, dan DORAEMON. Tidak bermaksud mendiskreditkan komik-komik tersebut, tapi pengaruhnya sangat-sangat kurasakan dalam masa kecilku...

I was a bully. God, please forgive me.

Jadi, dulu aku punya beberapa pengalaman di mana aku ngebully orang. Dulu aku ga tau kalo itu tuh namanya ngebully, dan ngebully itu jahat. Yang aku tau, aku senang aja rasanya kalo orang yang aku bully ini gabisa ngelawan aku. Dan kalo mereka coba lawan, langsung kubales lagi.

But.

I'm not sharing this to show you my superiority back then when I was little.
I'm just telling you how I regret doing these things and how I hope this never happened. How I was so stupid and I hope you won't do the same in any other form.

If one of my bullied friend reads this, I wanna say my deepest sorry :"

______________________________________________________________________________

Jadi, inilah nama teman-teman yang dulu pernah aku jahili. Nama disamarkan demi melindungi privasi :"

1) IREsyalalala
Jadi, dulu, aku adalah sohib erat sama ADElililili. Dia anaknya cantik dan badannya agak bongsor. Aku anaknya unyu dan badannya agak kecil. Berdua, kami sempurna! Apasih.
IREsyalalala adalah anak cantik, putih, tapi mukanya juteeeek terus, dan dia ga pernah ngomong dan kayaknya ga punya temen deket.
Aku sebel banget sama dia waktu itu. Akhirnya aku bersama ADElililili nyamperin dia waktu dia lagi duduk sendirian di bangku panjang. Dia cuma ngeliat kami dengan mendelik.
Langsung kami beraksi. Aku naikin kaki kanan aku ke sebelahnya si IREsyalalala. Jadi aku ngelabrak dia sambil ngangkang gitu -_- trus ADElililili maksa dia ngomong, tapi dia ga ngomong. Mukanya cuma panik dikit, tapi dia gak nangis. Terus kami paksa ngomong, tapi dia ga ngomong. "LO BISU YA?" dia cuman geleng-geleng. Akhirnya demi dia buka mulut, hampir aja kami melakukan kekerasan. ADElililili minta dasi aku, aku agak lupa sih antara dia yang minta dasi aku atau aku yang nawarin dasi aku, aku lepas dasi karet aku dari leher dan aku kasih ke dia. Dia mau nyabet IREsyalalala biar dia mau ngomong! Untung bel masuk, jadi gak jadi.
Gilaaaaa aku preman banget waktu itu, aaaa maaf beribu maaaaaaf IREsyalalala!

Dan kalian tau apa? waktu aku naik kelas, aku pisah sama ADElililili kelasnya jadi kami ga seakrab dulu lagi. Nah, tahun depannya, pas naik kelas lagi, aku pindah jemputan. You know what? Ternyata di jemputan itu ada ADElililili. Kami langsung haha hihi di dalem jemputan. Sampai akhirnya jemputan berhenti di sebuah rumah. Seorang anak keluar dari rumah itu, dan dia adalah... yak benar sekali, IREsyalalala!!!! Dia naik dan aku langsung awkward. Karena apaa? Karenaaaa.... Dia ternyata akrab banget sama ADElililili. Mereka langsung ngobrol banyak, membuat aku sama sekali ga percaya kalo dia adalah anak yang dulu aku katain bisu. Speechless nya, temen aku yang dulu jahat sama dia bareng-bareng sama aku, malah jadi temen baik dia. Hahaha aku nyesel banget sumpah udah jahat sama orang!!!

2) KENoy
Jaman lagi dihebohkan sama F4 waktu itu, karena drama taiwan Meteor Garden. Aku sukaaaaaa banget sama F four, terutama Vic Zhou a.k.a Hua Ze Lei. Jadilah aku Zailover sampai sekarang udah hampir lulus SMA, hahaha.
Nah, temen aku si KENoy (cowo) ini duduknya depan aku di kelas. Dia punya pensil yang gambarnya itu F4. Aku naksir banget ama tuh pensil. Dan aku langsung pengen memiliki semenjak pandangan pertama. Hehehe.

Dan kalian tau apa yang aku lakukan?

Aku minjem pensil itu ke dia, dia ngasih, dan aku langsung pake. Pas dia minta balikin, aku langsung dudukin pensil itu, trus aku nolak balikin ke dia. Dia ngotot dan dia nyari ke mana mana, tas aku, kotak pensil aku, tapi ya gak ada, orang aku dudukin....
Akhirnya setelah sekian lama berkutat, dia nyerah dan mau nurutin syarat aku, yaitu kalo mau pensilnya aku balikin, kasih aku seribu! Dia ngasih aku seribu dan aku balikin pensilnya.
Dan duit seribunya aku taro di dalem kaos kaki aku di sepatu aku.

Pulang sekolah, aku keluar dan duduk di samping tante aku di bangku panjang. Waktu itu, aku pulang sekolah dan abang keluar istirahat, karena dia jam belajarnya lebih lama soalnya kelasnya lebih tinggi kan.
Nah dia nyamperin aku dan tanteku, "Aju (salah satu sebutan untuk tante bagi orang batak), abang minta seribu dong, buat jajan."
Aku langsung ngajak abang menjauh dari Aju dan kita agak ke tengah lapangan.
"Nih bang, dede punya seribu."
"Loh dede ga pake? Yaudah buat abang ya!"
"Iya pake aja"
Aku langsung sumringah senang karena kupikir abang senang aku tolongin. Semacam bangga karena berjasa gitu~

Besoknya, di sekolah, ada pelajaran senam. Saat yang lain semuanya senam, tiba-tiba Ibu Riani narik aku sama KENoy ke kelas. Beliau mulai nanya-nanya soal aku malak KENoy. Aku sih selaw aja.
Beliau nanya, "Siapa yang nyuruh kamu malak?"
Aku jawab sejujurnya, "Ga ada Bu."
Lalu beliau bertanya lagi, "Kalo gitu, duitnya kamu kasih ke siapa?"
"Ke abang," jawabku polos. Wahaha aku jujur kan...

Lalu hari itu, semua berjalan biasa sampai aku pulang sekolah. Dan beberapa jam kemudian abang pulang sekolah. Aku lagi di rumah Aju, dan si abang turun dari mobil langsung nyamperin aku sambil marah-marah. "DEDE NGOMONG APA SAMA BU GURU HAH?"
Aku kaget dan bingung, apaan ini kok tiba-tiba, ga ngerti sama sekali deh.

Akhirnya aku nyadar bahwa si abang diomelin sama Bu Riani karena disangkanya abang yang nyuruh aku malak. Haha poor you bang. Tapi ya abis itu, aku ga diomelin sama Bu Riani tapi sama Mama. Langsung deh selama beberapa minggu, kalo ada sodara dateng, ya kisah aku ini diceritain. Dan aku langsung jadi top hits gossip gitu di antara ibu-ibu temen-temen aku, malu deh.
Makanya, don't be a bully...
Sorry banget ya KENoy, pensilnya makasih juga yah udah boleh dipinjem :"

3) YOPahaha
Cowo satu ini pertama kali kutemukan waktu sebelum masuk TK. Saat itu, aku pertama kali melihat TK yang akan kumasuki, semacam survey gitu deh, sementara mama menuntaskan pembayaran.
Aku ke lapangan dan duduk di ayunan yang talinya panjang gitu, duduknya ngadep depan. Ada dua ayunan di satu tiang, samping-sampingan bukan depan-depanan.
Sejurus kemudian, datanglah YOPahaha (waktu itu aku ga kenal siapa dia), dengan mata sipit berparas cina, duduk di ayunan kosong sampingku.
Kalau ga salah yaa, waktu itu aku ngobrol sedikit sama dia, tapi aku lupa ngomongin apa (yaiyalah secara itu udah lama banget -_-)
Agak lama kemudian, datang cecenya menjemputnya, trus aku sendirian deh nunggu abang. Dan ia pun datang.


Masuklah ke SD! Kelas 3 SD waktu itu. Aku kayak ada geng gitu isinya aku, sebangkuku, depanku, dan sebelahnya depanku.
Merekalah YOPahaha, AGNihihi, dan RILalala.
Waktu itu, aku bener-bener ga tau kalo YOPahaha ini pernah kulihat waktu sebelum TK dulu, makanya mukanya sangat familiar tapi aku gabisa nyebutin dia itu siapa.
Sehingga.... YOPahaha menjadi korbanku selanjutnya. Ugh, kalo sama si YOPahaha ini, aku ngerasa bener-bener jahat banget deh!

Mulai dari kita se-geng nyiapin satu permen karet yang pas dibuka, isinya langsung ngejepret jari yang megang. Aku dan AGNihihi dateng nyamperin YOPahaha, nawarin permen karet itu, dan dia langsung nanya, "Apanih, kalian mau ngerjain aku ya?"
"Udaaaaah, buka aja, mumpung kita lagi baik nih!"
Dan dia buka, dan jepreeeeet.
Aku dan AGNihihi ketawa ngakakkkk. Tapi pas istirahat, ada seorang temen yang nyamperin aku, "Grace, menurut kamu, kamu udah terlalu jahat ga sih sama si YOPahaha?"
Dan kujawab dengan enteng, "Enggalah, biasa aja kok, hahahaha."
Damn, I'm so ashamed of the little me.

Habisnya si YOPahaha ini bener-bener culun kacamata, tipe anak yang pake celana sampe yang harusnya di pinggang malah ditaronya di perut, bajunya dimasukkin banget. Jadilah aku kecil semakin napsu saja untuk mengerjainya di tiap kali ada kesempatan...

Dan ini sih yang paling parah, bukan bully fisik doang, tapi sampe bully secara sosial....

Jadi lagi main kereta-keretaan sama geng aku dan beberapa anak kelas. Semuanya saling pegang pundak temennya dan jalan.
Paling depan itu AGNihihi, dan aku paling belakang. Tepat depan aku lah si YOPahaha.
Udah nih, keretanya udah hampir sampe finish yaitu tembok.
Pas komuknya AGNihihi udah mepet tembok, aku iseng ngedorong kereta itu, kudorong pundak YOPahaha dan semuanya serta merta nyerimpet ke depan dan AGNihihi nubruk tembok.

Dan aku kaget, karena reaksi mereka semua bukannya seneng dan ketawa bahagia, ternyata malah marah dan ngamuk. "Siapa sih yang dorong kita? Ngaku!"
Aku membela diri, "Bukan gue.... si YOPahaha kali tuh!"
Temen-temen sempet ga percaya kalo gue bukan pelakunya. Bahkan si AGNihihi yang biasa jadi temenku buat ngebully YOPahaha, ngomong gini, "Grace lu jangan bohong. Jangan apa-apa salahin YOPahaha, kasian dia tau!" gitu.

Aku yang bener-bener masih kecil dan ngeselin banget waktu itu, malah NGAMBEK. Padahal udah jelas aku yang salah. "Yaudah kalo kalian ga percaya sama gue!" Dan gue diemin mereka abis itu.
Dan mereka ribut, ada yang yakin YOPahaha yang ngelakuin, ada yang ga percaya.

Beberapa lama setelah itu, datanglah AGNihihi padaku dan ngomong dengan muka melas, "Maafin yah, tadi sempet ga percaya sama lu. Kayaknya bener kok, YOPahaha yang ngelakuin, soalnya pas gw nengok belakang sesaat sebelum nabrak, gw liat ada bayangan cowo putih tinggi gede berkacamata lagi dorong, pasti kan itu YOPahaha..."
Padahal ya iyalah yang keliatan pasti si YOPahaha, soalnya dia emang lebih tinggi dari aku, but that doesn't necessarily mean that dia yang dorong kan, hanya karena dia yang keliatan? =_= dasar pikiran anak-anak...
But since she believed iin me who lied, I KNOW I WAS SO EVIL................. sorry banget ya YOPahaha :(

4) MRVL
Ini salah satu korban yang paling unik. Sama seperti sebelumnya, aku ga sendirian kalo ngebully dia. Teman bullier ku adalah BLL dan CHRSL.
Kami kalo ngebuli dia tuh kayak becanda, dan dianya seneng-seneng aja. Unik kan?
Salah satu contohnya, kita main hewan piaraan. Kita ngiket leher dia di tali rafia, trus kita seret-seret seakan dia itu hewan piaraan kita. Sekelas ngeliatin kita gitu.
Anehnya dia seneng aja, ketawa-ketawa aja gitu. Pas diperhatikan dengan lebih seksama, di pelupuk matanya tuh ada air. Kita ejek dia, "Ih MRVL nangissssss!" dan dia cuma merespon, "Enak aja, ini keringet tau, keringet doang keringet."
Sampe sekarang pun gada yang tau, itu air mata apa keringet :"

Dia sering kita jitak, digetok, kita ejek ini itu, trus setiap kali dibully gitu dia cuma bergumam gerak-gerakin bibir gitu ngedumel ga jelas. Seandainya dia marah, seenggaknya perasaan bersalah ini mungkin berkurang.
Duh maafin kita yaaaa, MRVL :((

5) OH YAH,
sebagai cerita tambahan, untuk let the world know bahwa I once was a very naughty girl, dulu aku juga sempet suka nyuri. Nyuri hal kecil sih, tapi tetep aja nyuri kan namanya...

Jadi waktu itu lagi jamannya tukeran dan saling ngisi diary temen, biodata, kata mutiara(kamut), trus nempelin stiker-stiker lucu di halaman yang isinya biodata kita. Biasanya ada ciri khas tuh, si A stikernya selalu ini.. si B stikernya selalu warna ini.... Itu semua bisa diketahui dari diary orang-orang yang ada biodata dianya.

Aku juga, seneng ngisi diary temen, tapi pelit ngeluarin duit buat beli stiker.
Udah kebayang kan? Yap, ahaha.
Aku nyolong stiker dari halaman sebelumnya yang udah diisi, dan kutempel di halaman biodataku. Lebih professional lagi, aku gamau sekali bawa pulang buku diary cuman 1. Aku pasti bawa pulang 2 atau lebih. Supaya apa? Supaya bisa aku ambil stiker dari diary yang berbeda dan aku tempel di halamanku, sehingga lebih kecil kemungkinan untuk ketahuan kalo stikernya mirip sama di buku yang sama halaman yang berbeda, hehe.

 Aku sangat puas dengan hasil curianku. Aku ga perlu keluar duit deh :D

Tapi. Ada kejadian yang menegangkan gara-gara nyuri ini. Misalnya...
"Grace, stiker kamu lucu banget iniii. Beli di mana?"
Mampuslah, aku bingung banget dan deg-degan hebat gara-gara itu.
"Aku lupa beli di mana, mall kali yaaa"

Itu masih gapapa.
Sekali waktu, aku pernah ketahuan. Jadi ceritanya, aku ngisi diary temenku si MAR dan seperti biasa, hal curi-mencuri kulakukan. Stiker dari halaman lain kutempel di halamanku.
Lalu, saat sedang duduk-duduk di kelas, si MAR yang diarynya udah kukembalikan setelah kuisi, ngobrol ama temen-temennya, "Eh liat deh, kok stikernya Grace sama si ini sama yaa?"
Double mampus, hatiku langsung mencelos, panik.

Sejak saat itu, selalu kuhindari si MAR, supaya kami ga bisa ngobrol bareng jadi dia ga punya kesempatan buat nanya ke aku tentang itu.
Tapi saat kerja kelompok, karena bener-bener sibuk dan mumet sama kerjaannya, aku lupa kalo ak lagi ngindarin dia. Jadilah saat aku kebelet pipis, aku nanya ke temen-temen kelompokku, "Ada yang mau nemenin ke WC gaa?"
Di kelompokku gada. Tapi MAR dari kelompok lain di sebelahku menawarkan diri. "Yuk Grace bareng aku."
Aku pun ikut dia. Dan waktu itu, namanya juga masih kecil, suka takut kalo di WC, jadi kami masuknya barengan. Satu bilik berdua.

Di dalam sanalah nerakanya dimulai.
"Grace, kok stiker kamu sama persis sih sama stikernya si ini?"
"Ah, masa iya?"
"Iya. Kamu ngambil stiker dia ya?"

Mulai dari situ, kalo ga salah, jawaban aku cuma gatau, gatau, dan gatau deh. Aku panik banget.
Sejak saat itu, mulailah kubeli stiker yang murah-murah aje dan nempelnya dikit-dikit ajah...

_______________________________________________________________________________

Demikianlah dongeng-dongeng masa kecilku.
I was rebellious, naughty, evil, rude, etc. But you know, everyone changes, everything keeps growing, and so does my heart. It's growing to a better one, a better heart, a soft one. At least I hope so.

Jadi mohon maaf ya semuanya... Kalo masih dikasih kesempatan ketemu lagi, aku janji bakal minta maaf dengan fair :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar